BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Salah satu tujuan terpenting yang hendak dicapai bagi suatu perusahaan adalah memperoleh laba atau profit yang maksimal dengan cara penjualan barang atau jasa dalam rangka menjaga kelangsungan hidup perusahaan serta berusaha agar dapat tumbuh dan berkembang kearah yang lebih maju. Dengan adanya target terhadap pencapaian tersebut pimpinan perusahaan akan selalu mengarahkan kegiatan perusahaan pada pencapaian tujuan dan dengan tujuan tersebut pimpinan perusahaan akan lebih mudah menilai apakah hasil yang dicapai sudah sesuai atau tidak dengan rencana yang telah dibuat.

Berhasil tidaknya tujuan perusahaan tersebut, tergantung dari kemampuan perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki salah satunya modal kerja. Untuk itu, diperlukan informasi akuntansi yang akan berguna bagi perusahaan dalam mengambil kebijakan tentang bagaimana cara perusahaan mengalokasikan dan mengendalikan modal kerja yang dimiliki secara efisien.

Agar dapat mengelola modal kerja yang tersedia dengan baik, maka perusahaan perlu mengadakan analisa mengenai permodalan dan keuangan yang datanya tercermin dalam laporan keuangan. Laporan keuangan dapat memberikan ikhtisar mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan dan terdiri dari neraca yang menggambarkan posisi harta, hutang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan yang bersangkutan pada satu periode akuntansi; laporan rugi/laba yang menggambarkan mengenai hasil-hasil yang dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan selama satu periode akuntansi dan laporan perubahan modal yang menggambarkan perubahan modal yang terjadi dalam satu periode akuntansi.

Dengan mengadakan analisa terhadap laporan keuangan tersebut, pimpinan akan dapat mengetahui keadaan dan perkembangan perusahaannya serta hasil-hasil yang dicapai diwaktu yang lalu atau yang sedang berjalan.

B. RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH

Berdasarkan penjelasan di atas, penulis mengambil perumusan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana menilai efisiensi modal kerja pada PT. X
  2. Apakah analisis laporan keuangan PT. X dapat digunakan untuk menilai efisiensi modal kerja

Dalam penulisan ilmiah ini, penulis membatasi masalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan dalam  menganalisis laporan keuangan perusahaan untuk menilai efisiensi modal kerjanya. Adapun rasio yang digunakan adalah :

1. Current Ratio

Digunakan untuk mengukur kesanggupan dari suatu perusahaan didalam menyelesaikan atau melunasi hutang jangka pendeknya dengan jumlah aktiva lancar dan hutang lancar.

Aktiva Lancar

___________

Hutang Lancar

2. Acid Test Ratio/Quick Ratio

Ratio ini merupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban dengan tidak memperhitungkan persediaan, karena persediaan memerlukan waktu yang relatif lama untuk ditunaikan menjadi uang cash.

Aktiva Lancar – Persediaan

______________________

Hutang Lancar

3. Turnover of Receivables

Piutang yang dimiliki suatu perusahaan mempunyai hubungan erat dengan volume penjualan kredit. Posisi piutang dan taksiran waktu pengumpulan dapat dihitung dengan membagi total penjualan kredit dengan piutang rata-rata.

Penjualan Kredit

____________

Piutang Rata-rata

4. Inventory Turnover

Inventory atau persediaan barang merupakan elemen utama modal kerja dan berputar secara terus menerus. Ratio ini digunakan untuk menghitung  persediaan.

HPP

________________

Inventory Rata-rata

5. Turnover of Net Working Capital

Ratio ini digunakan untuk mentest efisiensi penilaian dari pemakaian Net Working Capital.

Penjualan Netto

_________________________

Aktiva Lancar – Hutang Lancar

Data yang digunakan dalam penulisan ini merupakan data keuangan yang dimiliki PT. X selama tahun 2007 sampai dengan tahun 2008.

C. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah PT. X telah dapat mengalokasikan dan mengendalikan modal kerja yang dimiliki secara efisien, dengan cara menganalisis dari laporan keuangan PT. X

D. SISTEMATIKA

BAB I             Pendahuluan

Bab ini akan membahas mengenai latar belakan                   penulisan,    rumusan dan batasan masalah, tujuan penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II           Landasan Teori

Bab ini memuat kerangka teori, kajian penelitian sejenis dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian.

BAB III          Metode Penelitian

Bab ini akan membahas tentang metode yang digunakan dalam penelitian.

BAB IV          Pembahasan

Bab ini memuat tentang data dan profil objek penelitian, hasil penelitian dan analisis serta rangkuman dari hasil penelitian.

BAB V            Penutup

Bab ini berisi kesimpulan dan saran.

About these ads